Kenali Fungsi Seragam Kaos Sepeda dan Tips Memilihnya

 Kenali Fungsi Seragam Kaos Sepeda dan Tips Memilihnya

Seragam kaos sepeda adalah suatu perlengkapan yang wajib kamu miliki jika kamu berniat menekuni olahraga sepeda. Bersepeda adalah suatu aktivitas fisik yang dapat menyehatkan tubuh.

Selain memiliki unsur rekreasi, bersepeda juga termasuk salah satu cabang olahraga yang banyak dipertandingkan baik di tingkat nasional maupun internasional. Jika ingin menekuni olahraga sepeda, kamu tidak harus menjadi atlet sepeda, lho.

Selain bertanding, olahraga ini juga menjadi hobi banyak orang terutama yang menggemari aktivitas fisik luar ruangan (outdoor). Ada beragam perlengkapan yang perlu kamu miliki jika ingin melakukan olahraga ini secara aman.

Di samping sepeda, kamu juga perlu memiliki sepatu yang sesuai, perlengkapan keamanan seperti helm dan pelindung lutut serta siku, hingga jersey. Jika kamu berkomunitas, maka memiliki seragam jersey sepeda adalah keputusan tepat.

Beberapa Fungsi Seragam Kaos Sepeda

Bersepeda adalah olahraga yang cukup berisiko mengingat aktivitas ini dilakukan di luar ruangan. Saat mengayuh pedal di jalanan, kamu perlu mempersiapkan kelengkapan atribut dengan benar agar tetap aman.

Salah satunya yaitu dengan memakai jersey sepeda. Bukan sekedar untuk bergaya, pada dasarnya kaos yang dirancang secara khusus ini memiliki fungsi-fungsi penting, diantaranya sebagai berikut:

1.        Kecepatan dan Aerodinamis

Saat bersepeda, kamu tentu ingin mencapai jarak jauh namun tetap dapat menghemat tenaga. Salah satu lawan utama saat mengayuh sepeda adalah angin. Semakin kencang anginnya maka semakin berat pula tenaga yang harus dikeluarkan untuk mengayuh.

Sebab, angin menjadi penghalang yang menghambat laju kecepatan sepeda. Sama halnya seperti ketika kamu berenang, maka di saat bersamaan air menjadi hambatan gerak luncur tubuh.

Jadi, cara untuk mengurangi hambatan angin atau udara secara efektif adalah melalui pemilihan pakaian yang tepat. Seragam kaos sepeda dari bahan jersey terbukti dapat membuat laju kecepatan lebih baik dengan tenaga yang lebih efisien.

Jersey sepeda memiliki fungsi serupa dengan baju renang yang mengurangi hambatan dari air. Dengan hambatan yang lebih kecil, secara otomatis tenaga yang kamu keluarkan juga lebih kecil.

Spesifikasi jersey sepeda yang baik turut membuat aerodinamis meningkat. Sehingga kamu bisa mencapai jarak lebih jauh dalam waktu lebih cepat dengan tenaga yang efisien.

2.        Menyerap Keringat dengan Baik

Umumnya kaos yang dipakai sehari-hari terbuat dari katun. Jenis bahan ini memang nyaman dikenakan namun daya serapnya tidak maksimal. Ini yang membuat kaos katun ikut basah saat kamu berkeringat.

Namun ini berbeda dengan jersey sepeda yang terbuat dari bahan polyester. Polyester dikenal sebagai bahan yang memiliki daya serap tinggi. Ini membuat jersey sepeda mampu menyerap keringat dengan cepat.

Seragam kaos sepeda yang terbuat dari polyester akan senantiasa membuat kamu nyaman meskipun berkeringat sekalipun. Daya serapnya yang baik membuat kulitmu tidak lembab. Bahan polyester yang mudah menyerap tidak membuat kaos basah karena keringat.

Jadi, kaos tetap kering dan tidak mudah bau. Seperti kita tahu, bau badan tentunya membuat diri sendiri dan orang sekitar tidak nyaman. Sementara bahan polyester memiliki permukaan berpori yang mampu mengalirkan udara serta panas dari dalam dengan baik.

Sehingga keringat serta udara panas tidak tertahan di kulit. Perlu kamu ketahui, kondisi kulit berkeringat dan lembab dapat menyebabkan rasa gatal dan iritasi, lho. Maka dari itu, pastikan kamu mengenakan seragam jersey sepeda agar tetap nyaman saat bersepeda.

3.        Meminimalisir Potensi Kecelakaan

Fungsi jersey sepeda berikutnya yaitu dapat mengurangi risiko kecelakaan. Sebagaimana kita ketahui, bersepeda adalah aktivitas luar ruangan yang memiliki risiko kecelakaan tersendiri. Nah, salah satu cara menguranginya adalah dengan mengenakan pakaian yang tepat.

Kaos sepeda dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan pesepeda serta mitigasi risiko. Orang yang bersepeda dengan pakaian biasa lebih berisiko pakaiannya tersangkut pada benda-benda yang dilewatinya hingga tersangkut ke bagian sepedanya sendiri.

Bahkan sering pula terjadi pesepeda mengalami kecelakaan karena pakaiannya tersangkut ke pesepeda lain. Jadi, jersey sepeda yang dirancang secara spesifik membuat kamu terhindar dari risiko kecelakaan tersebut.

4.        Dilengkapi Tempat Penyimpanan

Bersepeda dengan membawa barang-barang seperti tas tentunya membuat kamu tidak nyaman. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa membawa barang-barang penting seperti uang, kunci, atau hp jika memakai seragam kaos sepeda khusus.

Hal ini karena jersey tersebut memang didesain memiliki kantong-kantong khusus yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Biasanya ukuran kantong tersebut memang tidak terlalu besar.

Meski demikian, kantong tersebut tetap bisa menjadi tempat penyimpanan untuk barang-barang penting yang perlu kamu bawa. Kantong jersey sepeda biasanya terletak di bagian punggung.

Ada pula kantong yang tidak terlalu lebar namun dalam yang bisa kamu gunakan untuk menaruh botol minum.

Tips Membuat Seragam Kaos Sepeda

Jika ingin membuat kaos sepeda seragam, tentunya kamu perlu memesan di jasa printing. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar kaos tersebut dapat memenuhi kebutuhan untuk bersepeda.

1.        Perhatikan Bahannya

Ada beragam jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat jersey sepeda. Bahan tersebut perlu disesuaikan menurut kondisi cuaca di tiap-tiap wilayah. Di Indonesia yang cuacanya cenderung panas, jersey sepeda umumnya menggunakan bahan polyester.

Sebab bahan ini memiliki daya serap tinggi, sirkulasi udara yang baik, ringan, tidak mudah kusut serta harganya cukup terjangkau.

2.        Bentuk dan Ukuran Jersey

Dalam memilih seragam kaos sepeda, kamu juga harus memperhatikan bentuk serta ukurannya. Bentuk yang direkomendasikan untuk pakaian bersepeda adalah fit di badan. Dengan bentuk yang fit, hambatan angin akan semakin minimal.

Sebaliknya jika terlalu longgar maka hambatannya akan lebih besar. Selain itu, pilihlah jersey sepeda yang ukurannya cukup panjang terutama pada bagian belakangnya. Ini dimaksudkan agar kamu tidak sibuk membenarkan posisi baju ketika melaju.

Pertimbangkan untuk memilih baju dengan lengan panjang agar kulit tetap terlindungi dari sengatan matahari. Jika lebih suka tipe lengan pendek, ada baiknya dilengkapi dengan penutup lengan.

3.        Resleting dan Kantong

Meskipun tampaknya sepele, namun keberadaan resleting dan kantong sangatlah penting. Sebelumnya telah kami bahas mengenai fungsi kantong sebagai tempat penyimpanan.

Selain kantong, keberadaan resleting tidak kalah pentingnya karena berperan seperti ventilasi yang bertujuan untuk mengoptimalkan sirkulasi udara dan panas. Pilihlah jersey sepeda dengan resleting yang mudah dinaikkan maupun diturunkan.

Alasan Membuat Seragam Kaos Sepeda di Aura Sport

Aura Sport adalah jasa printing terpercaya yang melayani pembuatan beragam jersey untuk menunjang aktivitas olahraga kamu, seperti bersepeda, voli, futsal, sepak bola, basket, badminton, hingga e-sports.

Kami bekerja dengan dukungan mesin produksi terbaik yang menghasilkan printing jelas dan tajam. Dengan pemilihan bahan terbaik seperti polyester tipe dryfit dan climacool, kami menghadirkan jersey yang nyaman dipakai sepanjang hari.

Tentunya itu semua dapat terjadi berkat SDM profesional dan kompeten yang ada di bawah payung perusahaan. Dengan etos kerja tinggi serta kinerja optimal, kami berkomitmen memberikan produk terbaik.

Untuk melihat portofolio produk Aura Sport, silakan kunjungi website kami. Kamu juga bisa memesan seragam kaos sepeda dengan menghubungi kami melalui WA 081311100051.

 

 

 

No comments:

Post a Comment